Selasa, 10 Januari 2012

Sinopsis Buku Non-Fiksi


Tugas Mata Kuliah Membaca
Ku Pinang Engkau dengan Hamdalah.
Karya: Mohammad Fauzil Adhim
Buku ini menerangkan Bab pernikahan, baik sebelum maupun sesudahnya atau adab ketika proses menikah. Bagaimana agama telah begitu rinci menerangkan adab bergaul hingga proses menuju Mitsaqan Ghalizah. Bagaimana seharusnya para orang tua mengambil sikap.  Adab mempertimbangkan dan mencari informasi atau perantara untuk menuju sebuah proses meminangan. Semua itu lantaran, pernikahan bertujuan untuk memperoleh barakah. Istri yang barakah bagi suaminya, suami yang barakah bagi istrinya dan yang melahirkan anak-anak yang barakah. Anak-anak yang memberi bobot pada Bumi dengan kalimat La illaha illallah. Menyegerakan nikah akan mendatangkan sakinah, ketentraman jiwa. Sedang tergesa-gesa justru menjadikan pernikahan tidak barakah, penuh kekecewaan dan kehampaan. Keduanya mirip tapi beda sekali akibatnya. Buku ini juga menerangkan tentang bagaimana gerak-gerik hati, yang mana yang dibimbing illahi dan yang mana tercampur nafsu. Selain itu buku ini juga menguraikan masalah-masalah penting ketika meminang, mempertimbangkan pinangan, menata hati selama proses menuju nikah berlangsung sampai soal undangan nikah. Tidak luput dari itu adalah mahar, sebaik-baik mahar adalah yang tidak menyusahkan pasangan. Pernikahan yang di persulit berbeda dengan perpisahan yang banyak mendapat cobaan dari Allah. Pernikahan yang di persulit oleh salah satu pasangan akan berbeda dengan pernikahan yang benar-benar diuji oleh Allah karena itu yang akan mendatangkan kesakinahan. Dan seindah-indah nikah adalah yang barakah. Sebagaimana pernikahan Rosulullah yang pertama dengan Siti Khadijah, pernikahan yang menetapkan sunnah hasanah atau kebiasaan baik yang menjadi contoh bagi anak keturunannya. Yang menyebabkan berkurangnya barakah perlu dijauhi. Apalagi yang menghilangkan sama sekali. Pentingnya memeriksa gejala pernikahan tidak barakah mulai dari mahar hingga niat yang benar. Karena sesuatu hal itu tergantung pada niatnya, niat menikah yang baik dapat mendekatkan kepada pernikahan yang barakah.

Kelebihan:
Buku ini sangat bermanfaat bagi yang ingin meminang (tapi masing bimbang), sedang dalam pinangan atau masih menunggu dipinang. Juga bermanfaat bagi orangtua yang anaknya sedang dalam pinangan, keluarga yang baru menikah untuk instropeksi, serta siapapun yang memperhatikan masalah ini. Karena Buku ini dengan detail membahas tiap sub bab nya. bahasa yang di gunakan jelas, mudah difahami dan sangat komunikatif.
Kekurangan:
buku ini cenderung semi populer dan kurang objektif karena menggunakan kata ganti orang pertama yaitu saya. Dan beberapa kalimat yang di selipi “Wallahu alam” jadi apa yang di tulis cenderung meragukan karena tidak berdasarkan keterangan yang lebih ilmiah.
Oleh: Nimas Ayu Puspa Ningrum
115110700111012                 

2 komentar:

  1. Ijin co-pas tulisannya buat saya posting di blog saya www.ilmu33.blogspot.com

    BalasHapus
  2. silahkan, asal disebutkan penulisnya siapa. Karena adanya hak cipta salah satunya untuk menghargai penulis dan kejujuran perujuk. :) maaf tulisan saya masih jauh dari standar.

    BalasHapus